Dari bermacam-macam
tipe artikel yang saya amati ada beberapa headline yang mempunyai efek
bombastis dalam menstimulasi keinginan membaca. Tipe atau bentuk headline tersebut
saya amati perkembangannya pada sebagian blog saya serta pada artikel-artikel di
blog lain.
Melalui hasil pencarian Google search, saya lihat beberapa
diantaranya mempunyai CTR (click throgh rate, rata-rata potensi klik) cukup
tinggi. Artinya, menang di halaman pertama Google saja tak cukup, namun
bagaimana anda merancang headline juga berpengaruh besar.
Tipe headline ini juga bisa memberikan ide apa yang akan anda tulis
pada artikel-artikel selanjutnya. Berikut ialah 4 dari beberapa macam judul artikel
yang menurut saya menjadi elemen penentu klik serta ketertarikan pembacanya.
4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya
1. Judul Artikel Tentang Pro dan Kontra
Ini adalah tipe judul artikel serta konten yang mudah dan jelas
Konsepnya merupakan pertentangan atau
perbandingan. Di dalam judul
ini disebut sebagai discussion text.
Untuk artikel blog, umumnya diaplikasikan
untuk memperbandingkan produk atau layanan, namun tak menutup kemungkinan untuk
hal lain, contohnya baik buruk melakukan suatu kesibukan tertentu.
2. Judul ArtikelTentang Tutorial
Telah dapat diterka bahwa tipe ini berhubungan dengan tutorial,
tutorial cara atau tips. Isi artikel berkenaan dengan bagaimana metode melakukan sesuatu atau langkah-langkah dalam menyelesaikan
suatu masalah. Konsepnya ialah prosedur
atau instruksi.
Dalam teks di dalam judul seperti ini disebut sebagai procedure
text. Ini sekaligus memberikan ilustrasi bahwa artikel semacam ini juga
laris-manis di dunia online.
3. Judul Artikel Tentang Humor
Jangan salah, anda juga bisa merancang judul artikel yang beraroma
humor dan malahan bernada satir. Tetapi memang judul demikian seharusnya dibuat
dengan benar-benar berhati-hati dan benar-benar disesuaikan dengan sasaran pembaca.
Apa alasan dibalik banyaknya judul demikian dapat sukses menarik pembaca? Karena
headline semacam ini dapat membuat pembaca tersenyum simpul dan malahan mungkin
ngakak terbahak-bahak, ada juga yang tersindir.
Dalam situasi seperti ini, benar-benar
besar kemungkinan pembaca merasa terhibur, lalu penasaran berkeinginan membaca
isi artikelnya.
4. Judul Artikel Yang Pengaplikasian Kalimat Beraroma Negatif.
Selain mengaplikasikan judul yang terkesan mengundang,
menarik perhatian, menjawab dilema atau menentramkan (sebab adanya solusi), pengaplikasian
negasi di dalam kalimat atau frase di dalam judul artikel itu juga dapat memunculkan
tanda tanya besar bagi pembaca yang melihatnya.
Dengan demikian, rasa penasaran
pasti timbul. Strategi ini seolah menimbulkan rasa tak nyaman, rasa takut, atau
rasa tak menyenangkan kepada si pembaca, namun kemudian dijawab, diberi
solusi, atau digambarkan di dalam artikel tersebut. Efeknya, pembaca akan merasakan
sebuah urgensi tinggi untuk seketika membaca isinya.
Strategi ini sepatutnya diaplikasikan
dengan benar-bena rberhati-hati dan isi artikel betul-betul sepatutnya dipersiapkan
dengan matang.
Deimikian lah tadi nya terdapat 4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya, dan saran saya adalah isi lah atau tulislah sebuah artikel yang dapat bermanfaat atau pun pengunjung ( si pembaca ) akan merasa terhibur dengan isi artikel kita tersebut.
Labels:
BLOG
Thanks for reading 4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya. Please share...!
0 Comment for "4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya"