Tutorial Blogging

Tips dan Trik Di Dalam Blog

4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya



4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya


Dari bermacam-macam tipe artikel yang saya amati ada beberapa headline yang mempunyai efek bombastis dalam menstimulasi keinginan membaca. Tipe atau bentuk headline tersebut saya amati perkembangannya pada sebagian blog saya serta pada artikel-artikel di blog lain. 

Melalui hasil pencarian Google search, saya lihat beberapa diantaranya mempunyai CTR (click throgh rate, rata-rata potensi klik) cukup tinggi. Artinya, menang di halaman pertama Google saja tak cukup, namun bagaimana anda merancang headline juga berpengaruh besar.

Tipe headline ini juga  bisa memberikan ide apa yang akan anda tulis pada artikel-artikel selanjutnya. Berikut ialah 4 dari beberapa macam judul artikel yang menurut saya menjadi elemen penentu klik serta ketertarikan pembacanya.

4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya 

1. Judul Artikel Tentang Pro dan Kontra

Ini adalah tipe judul artikel serta konten yang mudah dan jelas Konsepnya  merupakan pertentangan atau perbandingan. Di dalam judul ini disebut sebagai discussion text. 

Untuk artikel blog, umumnya diaplikasikan untuk memperbandingkan produk atau layanan, namun tak menutup kemungkinan untuk hal lain, contohnya baik buruk melakukan suatu kesibukan tertentu.

2. Judul ArtikelTentang Tutorial

Telah dapat diterka bahwa tipe ini berhubungan dengan tutorial, tutorial cara atau tips. Isi artikel berkenaan dengan bagaimana metode melakukan  sesuatu atau langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah. Konsepnya  ialah prosedur atau instruksi. 

Dalam teks di dalam judul seperti ini disebut sebagai procedure text. Ini sekaligus memberikan ilustrasi bahwa artikel semacam ini juga laris-manis di dunia online.

3. Judul Artikel Tentang Humor

Jangan salah, anda juga bisa merancang judul artikel yang beraroma humor dan malahan bernada satir. Tetapi memang judul demikian seharusnya dibuat dengan benar-benar berhati-hati dan benar-benar disesuaikan dengan sasaran pembaca. 

Apa alasan dibalik banyaknya judul demikian dapat sukses menarik pembaca? Karena headline semacam ini dapat membuat pembaca tersenyum simpul dan malahan mungkin ngakak terbahak-bahak, ada juga yang tersindir. 

Dalam situasi seperti ini, benar-benar besar kemungkinan pembaca merasa terhibur, lalu penasaran berkeinginan membaca isi artikelnya.

4. Judul Artikel Yang Pengaplikasian Kalimat Beraroma Negatif.

Selain mengaplikasikan judul yang terkesan mengundang, menarik perhatian, menjawab dilema atau menentramkan (sebab adanya solusi), pengaplikasian negasi di dalam kalimat atau frase di dalam judul artikel itu juga dapat memunculkan tanda tanya besar bagi pembaca yang melihatnya. 

Dengan demikian, rasa penasaran pasti timbul. Strategi ini seolah menimbulkan rasa tak nyaman, rasa takut, atau rasa tak menyenangkan  kepada si  pembaca, namun kemudian dijawab, diberi solusi, atau digambarkan di dalam artikel tersebut. Efeknya, pembaca akan merasakan sebuah urgensi tinggi untuk seketika membaca isinya. 

Strategi ini sepatutnya diaplikasikan dengan benar-bena rberhati-hati dan isi artikel betul-betul sepatutnya dipersiapkan dengan matang.


Deimikian lah tadi nya terdapat 4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya, dan saran saya adalah isi lah atau tulislah sebuah artikel yang dapat bermanfaat atau pun pengunjung ( si pembaca ) akan merasa terhibur dengan isi artikel kita tersebut.
Labels: BLOG

Thanks for reading 4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya. Please share...!

0 Comment for "4 Tipe Judul Artikel Yang Akan Membuat Ketertarikan Pengunjung Untuk Membacanya"

Back To Top